Sabtu, 03 November 2007

Mengatasi dan meminimalkan ketidakamanan di dunia virtual

Bagi para user, disarankan agar menggunakan password yang baik. Bukansekedar mudah diingat, tetapi juga harus aman agar tidak mudahdiketahui orang. Akan lebih baik jika menggunakan kombinasi angka danhuruf sebagai password, misalnya 3@6a5, yang jika diperhatikan dapatdibaca menjadi Bagas. Kombinasi seperti ini selain mudah diingat bagipemiliknya, juga sulit diduga oleh orang lain. Yang perlu diperhatikanadalah, jangan pernah menggunakan tanggal lahir maupun nama ibukandung sebagai password. Karena kedua poin tadi sudah terlalu seringdan terlalu banyak digunakan oleh masyarakat.
Sebaiknya, user secara periodik mengganti password yang dimilikinya.Hal ini untuk menjaga kemungkinan password sudah diketahui orang yangdekat dengan kita. Asal tahu saja, penjahat tidak saja datang darijauh, tetapi bisa juga orang di sekitar kita.
Jangan pernah meninggalkan komputer Anda dalam keadaan menyala danhindari internet anda selalu on-line secara terus menerus. Sebaiknya para user juga harus hati-hati ketika akan mendownload sesuatu.Pastikan sumbernya dapat dipercaya. Karena itu, jangan mudahterprovokasi oleh attachment yang terkirim lewat e-mail. Karena isinyabelum tentu menguntungkan.Jika sedang browsing dan masuk ke alamat situs tertentu, cermati semua domain-domain yang mirip. Misalnya, klikbca, clickbca, klickbca danseterusnya. Jangan sampai kita terlanjur melakukan registrasi padaalamat yang salah.
Yang sepele namun penting, jangan pernah lupa log-out, ketika selesaimenggunakan internet. Jangan sampai pengguna berikutnya bisa mengaksesrekening atau data milik kita.Selain langkah di atas, kita juga perlu mengamati secara periodikperforma sistem atau audit trail milik kita. Sebagai pamungkas,gunakanlah one-time yang berupa token untuk pengamanan yang lebihmeyakinkan.

Tidak ada komentar: